PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS RPG MAKER XP UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Mishbahuddin, Wildan (2013) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS RPG MAKER XP UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wildan Mishbahuddin 08201241017.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis RPG Maker XP untuk pembelajaran membaca intensif berdasarkan pendekatan proses untuk siswa SMP kelas VII. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media yang dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi dan uji produk terbatas. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada bulan Maret- September 2012. Desain penelitian ini adalah model pengembangan media pembelajaran menurut teori yang digagas oleh Borg & Gall. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli (media dan materi) dan uji produk. Uji produk yang dilakukan adalah uji terbatas yang terdiri dari (1) uji produk perorangan dengan 5 subjek ujicoba, (2) uji produk kelompok kecil dengan 10 subjek ujicoba, dan (3) uji produk lapangan dengan 20 subjek ujicoba. Subjek ujicoba adalah siswa SMPN 12 Yogyakarta. Pemilihan tersebut ditentukan berdasarkan ketersediaan fasilitas komputer yang memadai untuk mendukung pelaksanaan ujicoba. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan angket. Validitas instrumen yang digunakan adalah penilaian ahli (expert judgement). Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan pedoman konversi skala 5. Hasil validasi dan uji produk menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi dan diujikan. Aspek pemrograman berkategori “baik” dengan nilai rata-rata 4,13 (tingkat kelayakan 82,6%). Aspek tampilan berkategori “baik” dengan nilai rata-rata 4,09 (tingkat kelayakan 81,9%). Aspek materi berkategori “baik” dengan nilai rata-rata 4,11 (tingkat kelayakan 82,25%). Aspek pembelajaran berkategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 4,26 (tingkat kelayakan 85,3%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, membaca intensif, pendekatan proses, RPG Maker XP, SMP kelas VII
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 05:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23312

Actions (login required)

View Item View Item