PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BERBASIS PENDEKATAN PROSES UNTUK SISWA SMA DAN MA KELAS XI

Mubasiroh, Siti Latifah (2013) PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BERBASIS PENDEKATAN PROSES UNTUK SISWA SMA DAN MA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Latifah Mubasiroh 09201241029.pdf

Download (916kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis adalah dengan melakukan inovasi baru terhadap buku ajar sebagai pegangan siswa. Buku ajar yang menyajikan keterampilan tertentu dan berdasarkan pada pendekatan tertentu masih jarang dikembangkan, terutama dalam hal ini adalah keterampilan menulis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pembelajaran keterampilan menulis berbasis pendekatan proses untuk siswa SMA dan MA kelas XI. Penelitian ini mengikuti desain pengembangan R&D (Research and Development) yang diperkenalkan oleh Borg dan Gall (1983), yang terdiri dari sepuluh komponen yang kemudian dikembangkan dengan proses berikut: (1) observasi dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan (pengembangan draf produk), (4) pemantapan, (5) penilaian produk I oleh dosen ahli, (6) perbaikan dan penyempurnaan produk awal (revisi I), (7) penilaian produk II oleh guru, (8) penyempurnaan produk hasil penilaian II (revisi II), (9) diseminasi terbatas, dan (10) penyempurnaan produk berdasarkan respon siswa. Validasi produk dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu (1) validasi dosen ahli, (2) validasi guru, dan (3) validasi berdasarkan respon siswa. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket, sedangkan analisis data yang digunakan mencakup analisis kualitatif dan statistik deskripstif. Hasil penelitian ini berupa Buku Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Pendekatan Proses untuk Siswa SMA dan MA Kelas XI. Buku ajar tersebut terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian tambahan. Bagian pendahuluan terdiri dari sampul, kata pengantar, standar isi 2006 SK dan KD menulis jenjang SMA kelas XI, dan daftar isi. Bagian isi terdiri dari delapan unit pelajaran, yaitu (1) menulis proposal, (2) menulis surat niaga dan surat kuasa, (3) menulis karya ilmiah, (4) menulis daftar pustaka dan catatan kaki, (5) menulis resensi, (6) menulis notulen rapat, (7) menulis ringkasan, dan (8) menulis naskah drama. Sementara itu, bagian tambahan buku pembelajaran ini berupa daftar pustaka. Hasil validasi dosen ahli, guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Rata-rata keseluruhan yang diperoleh pada aspek isi adalah 4,07 dengan tingkat kelayakan 81,40%. Aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 4,32 dengan tingkat kelayakan 86,47%. Aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh skor rata-rata 4,19 dengan tingkat kelayakan 83,80%. Aspek kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 4,44 dengan tingkat kelayakan 88,87%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku ajar, keterampilan menulis, pendekatan proses
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 05:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item View Item