KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK RENCANA PRABACA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO

Chasanah, Sari (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK RENCANA PRABACA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sari Chasanah 08201244037.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik Rencana Prabaca dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik Rencana Prabaca serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik Rencana Prabaca dalam pembelajaran membaca pemahaman di SMP Negeri 2 Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design. Bentuk desain kuasi eksperimen yang digunakan ialah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo. Penentuan sampel kelas menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil sampel kelas diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari tes membaca pemahaman berdasarkan taksonomi Barret. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruksi. Dari 65 soal, 11 soal dinyatakan gugur. Selanjutnya dipilih 50 soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian. Reliabilitas yang digunakan adalah KR20. Berdasarkan hasil perhitungan dinyatakan soal yang dibuat reliabel, dengan nilai KR20 = 0,950. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisis data dengan teknik uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan pretest dan posttest kedua kelompok dinyatakan normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik Rencana Prabaca dengan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik Rencana Prabaca. Berdasarkan analisis uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh p sebesar 0,000 dengan signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) artinya signifikan, (2) teknik Rencana Prabaca efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman di SMP Negeri 2 Sentolo. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) artinya signifikan dan terbukti efektif. Berdasarkan data yang dikemukakan di atas tujuan penelitian sudah tercapai yaitu terbukti bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik Rencana Prabaca dengan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik Rencana Prabaca serta penggunaan teknik Rencana Prabaca terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman di SMP Negeri 2 Sentolo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik rencana prabaca, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 05:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23310

Actions (login required)

View Item View Item