KEEFEKTIFAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATINOM KLATEN

Yuntari, Retno (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATINOM KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Retno Yuntari 08201244007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan signifikan keterampilan menyimak berita antara siswa yang mendapat pembelajaran menyimak berita menggunakan strategi Guided Note Taking dan siswa yang mendapat pembelajaran menyimak berita tanpa menggunakan strategi Guided Note Taking; dan (2) keefektifan strategi Guided Note taking terhadap kemampuan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatinom Klaten. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen control group pretest posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi Guided Note Taking dan variabel terikat yang berupa keterampilan menyimak berita siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatinom Klaten dengan jumlah keseluruhan 219 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa. Teknik penyampelan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menyimak berita berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal dengan empat alternatif jawaban. Validitas instrumen dihitung dengan menggunakan Iteman dan KR-20 dari Kuder Richardson. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas instrumen adalah 0,901. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis uji-t data skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,235>1,980) dengan db= 72 pada taraf signifikansi 0,05. Selain itu, hasil analisis uji-t diperoleh harga p=0,000. Harga p tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menyimak berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Guided Note Taking dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi Guided Note Taking. Hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (6,420>1,980) dengan db=36 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis uji-t diperoleh harga p=0,000. Harga p tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatinom Klaten lebih efektif menggunakan strategi Guided Note Taking dibandingkan dengan pembelajaran menyimak berita tanpa menggunakan strategi Guided Note Taking.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Guided Note Taking, keterampilan menyimak berita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 05:42
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23309

Actions (login required)

View Item View Item