IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BOS TERHADAP PENURUNAN ANGKA PUTUS SEKOLAH (Studi di SMP N se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo)

Trisni, Anggraini (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BOS TERHADAP PENURUNAN ANGKA PUTUS SEKOLAH (Studi di SMP N se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Trisni Anggraini.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi BOS terhadap penurunan angka putus sekolah di SMP N se-kecamatan Kokap serta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam menurunkan angka putus sekolah di SMP N se-kecamatan Kokap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia sekolah SMP yakni anak yang berusia 13-15 tahun yang telah mengalami putus sekolah serta stakeholder pendidikan yang ada di wilayah Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber penelitian. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kebijakan BOS sangat membantu masyarakat Kecamatan Kokap yang sebagian besar merupakan masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah dalam meningkatkan akses pendidikan. Namun hal ini tidak berdampak langsung terhadap penurunan angka putus sekolah karena selama kurang lebih 5 tahun berjalannya kebijakan BOS, jumlah angka putus sekolah di SMP N se-Kecamatan Kokap tidak mengalami penurunan. (2) faktor pendukung implementasi BOS terhadap penurunan angka putus sekolah adalah latar belakang ekonomi orang tua, sosialisasi BOS secara intens kepada masyarakat dari pemerintah dan sekolah serta animo masyarakat yang tinggi dalam menerima kebijakan BOS; (3) faktor penghambat implementasi BOS terhadap penurunan angka putus sekolah adalah rendahnya motivasi belajar anak, perilaku indisipliner anak, anak bekerja, latar belakang pendidikan orang tua, kondisi geografis daerah yang sulit, dampak kemajuan IPTEK, transmigrasi, adanya gangguan teman sebaya, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran serta kurangnya pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:42
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23306

Actions (login required)

View Item View Item