PENGELOLAAN KEGIATAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI POS PAUD “TERATAI INDAH” PEDUKUHAN DABAG CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN

Sukarti, Agustina (2015) PENGELOLAAN KEGIATAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI POS PAUD “TERATAI INDAH” PEDUKUHAN DABAG CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sukarti Agustin.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kegiatan pembelajaran di Pos PAUD “Teratai Indah” Pedukuhan Dabag Condongcatur Depok Sleman. Pengelolaan disini meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hambatan serta upaya mengatasi hambatan. Jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, meliputi pendidik, tenaga administrasi dan pengurus PKK. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perencanaan kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan meliputi pengelompokan umur, membuat RKB yang berisi persiapan pembelajaran, menentukan indikator kemampuan, menyusun konsep atau materi sesuai aspek perkembangan anak, menentukan kegiatan main, alat dan bahan. 2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pendidik sudah berusaha sesuai persiapan dengan apa yang ada dalam persiapan pembelajaran meliputi penataan lingkungan main, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran yang meliputi evaluasi belajar peserta didik oleh guru dan evaluasi pelaksanaan kegiatan oleh pengelola. Hasil evaluasi belajar peserta didik berupa laporan yang didiskripsikan dalam bentuk uraian dan daftar perkembangan anak, namun hal ini belum pernah dilaksanakan. Sedangkan evaluasi pelaksanaan kegiatan oleh pengelola dilaksanakan dalam bentuk laporan rutin yang ditujukan kepada instansi terkait seperti kelurahan, kecamatan, himpaudi dan penilik PLS kecamatan. 4) Hambatan yang dihadapi yaitu tidak semua pendidik, tenaga administrasi dan pengurus PKK memahami administrasi penyelenggaraan maupun administrasi peserta didik, serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat sehingga belum banyak yang tahu tentang pentingnya PAUD. Sedangkan APE juga sudah banyak yang rusak. Untuk penggalian dana dari SPP belum pernah dilaksanakan. 5) Upaya pengelola untuk mengatasi hambatan yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidik melalui pelatihanpelatihan, seminar maupun pembinaan dari instansi terkait maupun organisasi PAUD, peningkatan dalam hal pengasuhan dan pendampingan kepada peserta didik, menambah alat permainan edukatif, melalui permohonan ke masyarakat sekitar. Biaya dan sumber dana yang telah diupayakan pengelola yaitu dengan membuat proposal permohonan dana kepada masyarakat sekitar dan pengusaha-pengusaha di wilayah pedukuhan Dabag.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:36
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23303

Actions (login required)

View Item View Item