UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEFEKTIFKAN TENAGA BANTUAN (NABAN) DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA

Soni, Kurniawan (2015) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEFEKTIFKAN TENAGA BANTUAN (NABAN) DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Soni Kurniawan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Upaya kepala sekolah dalam mengefektifkan Naban; (2) Bagaimana kepala sekolah membuat job deskripsi untuk Naban; (3) Hambatan yang ditemui kepala sekolah dalam mengefektifkan Naban untuk membantu mengerjakan administrasi sekolah dan bagaimana solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah 5 kepala sekolah dan 5 tenaga bantuan (Naban) yang membantu administrasi sekolah yang ada di 5 SD Negeri di Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya kepala sekolah dalam mengefektifkan Naban untuk membantu mengerjakan administrasi sekolah di SD Negeri di Kecamatan Jetis yang dilihat dari perencanaan, pengkoordinasian, pemberian tugas dan pengawasan. Dari upaya yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaannya Naban dapat melaksanakan tugas pokoknya, menyelesaikan tugas dan pekerjaan tepat waktu, dapat berpartisipasi aktif di lingkungan sekolah, dan yang paling utama adalah tujuan adanya Naban di sekolah dapat tercapai; (2) Kepala sekolah yang ada di SD Negeri di Kecamatan Jetis dalam membuat atau menentukan job deskripsi untuk Naban prosesnya adalah: (a) penentuan pembagian tugas berdasarkan surat keputusan (SK) untuk Naban dari Badan Kepegawaian Daerah, (b) mengidentifikasi pekerjaan dalam administrasi sekolah yang perlu dibantu, (c) menyampaikan job deskripsi kepada Naban dengan disertai penjelasan dan arahan; (3) Hambatan yang ditemui kepala sekolah dalam mengefektifkan Naban di beberapa SD Negeri di Kecamatan Jetis yaitu komunikasi. Solusi dari kepala sekolah adalah dengan melakukan komunikasi yang lebih baik lagi agar terjadi kesamaan pemikiran dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23301

Actions (login required)

View Item View Item