USAHAPENDIDIKANAKUSIADINI DIWILAYAHKECAMATANKRATONYOGYAKARTA UNTUKMENINGKATKANKOMPETENSINYA

Siti, Nurakhmaliyah (2015) USAHAPENDIDIKANAKUSIADINI DIWILAYAHKECAMATANKRATONYOGYAKARTA UNTUKMENINGKATKANKOMPETENSINYA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Nurakhmaliyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeadaanpendidikAUDdi KecamatanKratonberkenaandengan(1)Kualifikasiakademis,(2)Usaha meningkatkankompetensi,(3)Tarafkompetensiyangdimilikiberdasarkan penilaianyangdilakukanolehkepalasekolah. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.Subyekpenelitianini pendidikAUD.Populasipenelitianada95orang,sehinggapenelitianini merupakanpenelitianpopulasi.Datadihimpundengan(1)kuesioner(angket) terbukauntukmengungkapkualifikasiakademisdanusahayangdilakukanuntuk meningkatkankompetensidan(2)kuesioner(angket)tertutupberupaformat penilaiankompetensiuntukpenilaiantarafkompetensiyangdilakukanoleh kepala sekolah. Data kualifikasi akademis dan usaha-usaha peningkatan kompetensidianalisisdenganpersentase,sedangkandatatarafkompetensi dianalisisdenganrerataskor. Darihasilpenelitiandisimpulkanbahwa: (1)Sebagianbesar(93,69%) pendidikAUDdiKecamatanKratonbelumberkualifikasisesuaidenganUndangUndangGurudanDosen,ada6,31%pendidikberlatarbelakangpendidikanSMP, 4,21%berlatarbelakangpendidikanSLTAKependidikan(SPG)sedangkanyang SLTAnonkependidikan54,79%.Pendidikyangberlatarbelakangpendidikan Diplomakependidikanterdapat5,26%sedangkanyangnonkependidikan14,73%, sisanyayaitu6,31%pendidikberlatarpendidikanSarjanaKependidikan sedangkanyangNonKependidikansebanyak8,42%.(2)PendidikAUD di KecamatanKratontelahberupayauntukmeningkatkankompetensinyamelalui kegiatanpendidikandanpelatihan(diklat)sertaseminaryangrelevansebanyak47kalidalam4tahunterakhiratau1-2kalidalam1tahun,sedangkanyangtidak relevan1-2kalidalam4tahunterakhir(3)BerdasarkanpenilaianKepalaSekolah pendidikAUDdiKecamatanKratonrata-ratamemilikikompetensikepribadian dankompetensisosialyangsangattinggisertamemilikikompetensiprofesional dankompetensipedagogiktinggi(4)Adaperbedaankompetensipedagogikdan profesionalpendidikdilihatdarikualifikasiakademisnya,yaitusemakintinggi kualifikasiakademisnyasemakintinggikompetensinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23297

Actions (login required)

View Item View Item