PERSEPSI SISWA MENGENAI PELAKSANAAN KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH

Siti Juairiah, Ulfah (2015) PERSEPSI SISWA MENGENAI PELAKSANAAN KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SITI JUAIRIAH ULFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa mengenai pelaksanaan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsN Karanganyar, (2) faktor yang mendukung pelaksanaan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsN Karanganyar, (3) hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi pada saat kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsN Karanganyar. Subyek penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Karanganyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa mengenai pelaksanaan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsN Karanganyar berada dalam kategori cukup baik. (2) faktor yang mendukung pelaksanaan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsN Karanganyar meliputi: (a) guru bersemangat saat mengajar, (b) akrab dengan siswa, (c) menjawab setiap pertanyaan siswa. (3) hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi pada saat kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsN Karanganyar meliputi: (a) guru tidak mengukur kemampuan awal siswa, (b) kebiasaan siswa melakukan aktivitas lain saat pembelajaran, (c) siswa takut bertanya kepada guru, (d) kurangnya inisiatif siswa untuk berpendapat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23295

Actions (login required)

View Item View Item