MANAJEMEN KURIKULUM MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Siscahayani, - (2015) MANAJEMEN KURIKULUM MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
siscahayani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan kurikulum muatan lokal bahasa Jawa di SMP N se-Kecamatan Depok Sleman, (2) pelaksanaan kurikulum muatan lokal bahasa Jawa di SMP N se-Kecamatan Depok Sleman, (3) evaluasi kurikulum muatan lokal bahasa Jawa di SMP N seKecamatan Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model analisis induktif, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi. Subyek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang kepala sekolah, 4 (empat) wakil kepala sekolah urusan kurikulum, dan 5 (lima) guru mata pelajaran bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis induktif, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan kurikulum muatan lokal bahasa Jawa di SMP Negeri se-Kecamatan Depok Sleman meliputi; Merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, mengembangkan materi ajar, menyusun silabus, dan mengembangkan instrumen penilaian. Guru SMP Negeri 1 Depok tidak mengalami kesulitan, tetapi guru SMP Negeri 2, 4 dan 5 masih mengalami kesulitan dalam menyusun silabus. Guru terbantu dengan adanya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa. (2) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal bahasa Jawa di SMP Negeri se-Kecamatan Depok, mencakup tiga komponen pokok, yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Strategi pembelajaran disesuaikan dengan pendekatan life skill dan Contextual Teaching and learning (CTL). Metode pembelajaran yang di gunakan memberdayakan siswa ke arah pengembangan kognisi, keterampilan, kreativitas, produktivitas, dan penampilan yang njawani. (3) Evaluasi kurikulum pada pembelajaran bahasa Jawa menggunakan jenis atau alat evaluasi berupa: penugasan untuk dikerjakan di sekolah/rumah baik individu maupun kelompok, kuis di berikan sebelum pelajaran dimulai, ulangan harian setelah menyelesaikan satu KD, ujian mid semester yang dilakukan di tiap tengah semester, ujian semester yang di laksanakan di akhir semester, ulangan blok, ujian praktek; praktek membawa acara, pidato dan mengenakan busana Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23294

Actions (login required)

View Item View Item