Riffa, Hijriah (2015) SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Riffa Hijrah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanan supervisi akademik oleh kepala sekolah; (2) pelaksanaan supervisi akademik dalam kemampuan mengajar guru (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi mengajar guru); (3) evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah; dan (4) hambatan serta upaya dalam supervisi akademik oleh kepala sekolah di Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Bantul Penelitian dilakukan di SD se Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah supervisi akademik oleh kepala sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di SD se Kecamatan Bantul yang berjumlah 24 kepala sekolah dan 247 guru kelas. Populasi kepala sekolah diambil semua sebagai populasi, sedangkan populasi guru diambil sampel dengan teknik proportional random sampling menggunakan rumus dari Issac dan Michael sehingga diperoleh besar sampel 146 guru kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka untuk kepala sekolah, angket tertutup untuk guru kelas, dan pedoman pencermatan dokumen untuk hal-hal yang berkaitan dengan supervisi akademik. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha dengan bantuan SPSS Statistics 17.0 sehingga diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,931. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian berdasarkan pendapat guru dan perolehan persentase rata-rata menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SD se Kecamatan Bantul termasuk dalam kategori baik (95,7%). (2) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam membantu perencanaan mengajar guru termasuk dalam kategori cukup baik (68,8%), namun dalam hal penyusunan rencana pembelajaran secara kelompok tergolong baik (76,8%), pelaksanaan supervisi akademik dalam membantu pelaksanaan mengajar guru termasuk dalam kategori cukup baik (60,6%), namun bimbingan dalam penyampaian materi di kelas masih kurang baik (49,5%), sedangkan pelaksanaan supervisi akademik dalam evaluasi mengajar guru termasuk dalam kategori cukup baik (59,9%). (3) Evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik termasuk dalam kategori cukup baik (58,9%), namun program pengembangan guru melalui lokakarya masih kurang baik (48,2%), dan program pengembangan guru melalui diklat termasuk kurang baik (50,5%). (4) Kendala dalam supervisi akademik adalah guru kurang perhatian terhadap pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah karena kesibukan masing-masing. Kendala ini diatasi dengan cara kepala sekolah melakukan pendekatan langsung dalam mensupervisi guru pada jam istirahat atau waktu luang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 04:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23291 |
Actions (login required)
View Item |