KEEFEKTIFAN STRATEGI GUIDED WRITING PROCEDURE (GWP) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMAN 1 SEWON

Putranto, Muhammad Catur J. (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI GUIDED WRITING PROCEDURE (GWP) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMAN 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Catur J. Putranto 09201241018.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMAN 1 Sewon yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Guided Writing Procedure (GWP) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Guided Writing Procedure (GWP). Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi Guided Writing Procedure (GWP) dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMAN 1 Sewon. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi Guided Writing Procedure (GWP), dan variabel terikat yang berupa hasil skor keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sewon. Sampel penelitian adalah kelas XD sebagai kelompok eksperimen dan XG sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,637 yang lebih besar daripada nilai koefisien 0,6. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan gain skor. Hasil uji-t pada skor pascates antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen menunjukan bahwa thitung sebesar 7,807 dengan df 66. Nilai thitung dalam penghitungan tersebut lebih besar dari nilai ttabel pada signifikansi 5% (7,807 < 1,671). Sedangkan prates kontrol dan eksperimen menunjukan bahwa thitung adalah 0,043 dengan df 66. Nilai thitung dalam penghitungan tersebut lebih kecil dari nilai ttabel pada signifikansi 5% (0,043 < 1,671). Hal ini menunjukan terdapat perbedaan antara kelompok yang diajar menulis cerpen menggunakan strategi Guided Writing Procedure (GWP) dengan yang tidak. Hasil uji-t skor prates dan pascates kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar 10,95 dengan df 66. Nilai thitung dalam penghitungan tersebut lebih besar dari nilai ttabel pada signifikansi 5% (10,95 < 1,671). Gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, yaitu 6,88. Hasil tersebut menunjukan bahwa strategi Guided Writing Procedure (GWP) terbukti efektif dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMAN 1 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Guided Writing Procedure (GWP), pembelajaran menulis cerpen, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23290

Actions (login required)

View Item View Item