PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI LISTENING TEAMS PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 KALASAN YOGYAKARTA

Yunita, Meli (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI LISTENING TEAMS PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 KALASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Meli Yunita 08201244017.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi listening teams, (2) bagaimana strategi listening teams dapat meningkatkan kemampuan menyimak berita pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan. Strategi listening teams dipilih dalam pelaksanaan penelitian karena strategi ini membantu siswa untuk tetap konsentrasi dan fokus dalam pembelajaran menyimak khususnya menyimak berita serta belum pernah digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Spiral dari Kemmis & Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Objek dalam penelitian ini adalah menyimak berita. Pengumpulan data melalui angket, catatan lapangan, wawancara, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif mencakup analisis data proses dan data produk. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratis dan dialogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan strategi listening teams pada siswa kelas VII SMPN 2 Kalasan berjalan dengan lancar. Dari segi produk, terjadi peningkatan kemampuan menyimak berita pada siswa dengan meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing indikator keberhasilan dari pratindakan hingga siklus kedua, seperti siswa mampu menuliskan kembali isi/sari berita ke dalam beberapa kalimat dengan susunan bervariasi. Sementara itu, dari segi proses kendala-kendala yang dialami siswa seperti pelannya suara pembacaan berita dan kendala yang dialami guru seperti sulitnya siswa konsentrasi sudah bisa diatasi melalui penerapan strategi listening teams (2) peningkatan kemampuan menyimak berita menggunakan strategi listening teams bisa dilihat melalui skor rata-rata kelas mulai dari kegiatan pratindakan hingga siklus kedua. Pada kegiatan pratindakan skor rata-rata kelas yang didapat sebesar 42,23. Pada siklus pertama skor rata-rata kelas meningkat menjadi 59,2 dan pada siklus kedua kembali meningkat menjadi 72,93 dari skor rata-rata kelas siklus pertama. Berdasarkan perolehan skor rata-rata kelas di atas, disimpulkan bahwa mulai dari kegiatan pratindakan hingga siklus kedua terjadi peningkatan skor rata-rata kelas sebesar 30,7.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, menyimak berita, strategi listening teams
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23289

Actions (login required)

View Item View Item