KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA KORAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SEKABUPATEN WONOSOBO

Amalia, Khusna (2013) KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA KORAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SEKABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khusna Amalia 09201241061.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebiasaan membaca koran pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo; (3) menguji korelasi antara kebiasaan membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo dengan jumlah siswa 1366. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik stratified random sampling untuk mengkategorisasikan SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo dan menentukan sekolah sampel, dan teknik simple random sampling untuk menentukan kelas sampel. Sampel penelitian ini adalah SMAN 2 Wonosobo, SMAN 1 Mojotengah, dan SMAN 1 Kertek dengan jumlah sampel 302 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes tulis. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dengan komputer program SPSS 16. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca koran siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo dengan jumlah sampel 302 siswa dapat diketahui bahwa sebanyak 27,48% (83 siswa) berada pada kategori tinggi, 53,98% (163 siswa) berada pada kategori sedang, dan 18,54% (56 siswa) berada pada kategori rendah; (2) kemampuan menulis teks berita siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo dengan jumlah sampel 302 siswa dapat diketahui bahwa sebanyak 23,84% (72 siswa) berada pada kategori tinggi, 56,29% (170 siswa) berada pada kategori sedang, dan 19,87% (60 siswa) berada pada kategori rendah; (3) ada korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo dengan rhitung 0,360 dan rtabel (N=302) adalah 0,113 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi 12,96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kebiasaan membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, kemampuan menulis, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:58
Last Modified: 10 Jul 2015 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23288

Actions (login required)

View Item View Item