PEMANFAATAN MODEL JURISPRUDENTIAL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XF SMA NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL

Tiyani, Ipah (2013) PEMANFAATAN MODEL JURISPRUDENTIAL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XF SMA NEGERI 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ipah Tiyani 08201244028.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X F SMAN 2 Playen Gunungkidul dengan menggunakan model jurisprudential inquiry. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X F SMAN 2 Playen Gunungkidul yang terdiri atas 30 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), implementasi tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan model jurisprudential inquiry untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, penilaian kemampuan menulis cerpen, angket, catatan lapangan, dokumentasi serta wawancara dengan guru. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa hasil observasi lapangan, catatan lapangan, dan wawancara. Analisis kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis cerpen siswa sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model jurisprudential inquiry dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X F SMAN 2 Playen Gunungkidul. Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa tampak dari kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses dapat dilihat dari kondisi siswa yang lebih aktif berperan serta dalam pembelajaran. Peningkatan kualitas produk terlihat dari hasil tes praktik menulis cerpen siswa dari pratindakan dengan nilai rata-rata adalah 65,77, siklus I mengalami peningkatan dalam menulis cerpen sebesar 74,40. Nilai rata-rata menulis cerpen dari pratindakan sampai siklus I meningkat sebesar 8,63%. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa meningkat sebesar 80,67. Nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,27%. Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa dari pratindakan sampai siklus II sebesar 14,90%. Dengan demikian, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X F SMAN 2 Playen Gunungkidul telah mengalami peningkatan baik proses maupun hasil setelah dikenai tindakan menggunakan model jurisprudential inquiry.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model jurisprudential inquiry, peningkatan, keterampilan menulis cerpen, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:51
Last Modified: 10 Jul 2015 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item View Item