KEEFEKTIFAN METODE PENCOCOKKAN KARTU INDEKS (INDEX CARDS MATCH)DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Agustina, Ika Wahyuningsih (2013) KEEFEKTIFAN METODE PENCOCOKKAN KARTU INDEKS (INDEX CARDS MATCH)DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Wahyuningsih Agustina 09201241025.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan menyimak berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode mencocokkan kartu indek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode mencocokkan kartu indek; (2) menguji apakah metode mencocokkan kartu indek efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretes dan postes. Validitas instrumen berupa validitas isi. Validitas dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16 menunjukkan data pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 3,666 dan p sebesar 0,001 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretes dan posteskelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 6,073 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan menyimak berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pencocokkan kartu indek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode pencocokkan kartu indek ; (2) metode pencocokkan kartu indek digunakan dalam pembelajaran menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menyimak berita, metode pencocokkan kartu indeks, siswa SMP kelas VIII
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:41
Last Modified: 10 Jul 2015 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item