Dewi, Gita Atmania (2013) KEEFEKTIFAN MEDIA FILM SURAT KECIL UNTUK TUHAN TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Gita Atmania Dewi 09201241016.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis naskah drama antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media film Surat Kecil untuk Tuhan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media film Surat Kecil untuk Tuhan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media film Surat Kecil untuk Tuhan dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa SMP Negeri 5 Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental) menggunakan desain control group pre-test post-test designe dan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, yaitu pre-test dan posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Validitas isi digunakan untuk instrumen berupa tes menulis naskah drama. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach yang menghasilkan nilai indeks reliabilitas 0,463. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan gain skor. Analisis data dilakukan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan syarat skor pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Gain skor adalah selisih mean pre-test dan post-test masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama menggunakan media film Surat Kecil untuk Tuhan dengan pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan media film Surat Kecil untuk Tuhan mempunyai perbedaan hasil. Ditunjukkan dengan uji-t menggunakan program SPSS 11.5 yang menghasilkan nilai t hitung= 2,915, df 68, pada taraf signifikan 5% didapat nilai t tabel 2,000 (thitung:2,915>ttabel:2,000). Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menulis naskah drama menggunakan media film Surat Kecil untuk Tuhan terbukti efektif. Keefektifan tersebut terlihat dari hasil uji-t kenaikan nilai siswa yang menghasilkan nilai t hitung= 3,586, df 68, pada taraf signifikan 5% (thitung:3,586>ttabel:2,000). Hasil gain skor kelompok eksperimen sebesar 12,14, sedangkan kelompok kontrol sebesar 3,80.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, media film, pembelajaran menulis naskah drama, siswa SMP |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 03:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23275 |
Actions (login required)
View Item |