HUBUNGAN KEBIASAAN MENYIMAK FILM REMAJA DI TELEVISI DENGAN PEMAHAMAN TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN SE-KABUPATEN BANTUL

Utama, Gandi (2013) HUBUNGAN KEBIASAAN MENYIMAK FILM REMAJA DI TELEVISI DENGAN PEMAHAMAN TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN SE-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gandi Utama 08201241040.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara kebiasaan menyimak film remaja di televisi dengan pemahaman teks drama siswa kelas VIII SMPN se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan desain ex post facto. Siswa kelas VIII SMPN se-Kabupaten Bantul merupakan populasi dari penelitian ini. Populasi kelas VIII SMPN se-Kabupaten Bantul sebanyak 6987 siswa. Berdasarkan tabel Krecjei, sampel yang digunakan sebanyak 364 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 366 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu angket dan tes objektif. Angket digunakan untuk mengambil data kebiasaaan menyimak film remaja di televisi, sedangkan tes objektif digunakan untuk mengambil data pemahaman teks drama. Instrumen kebiasaan menyimak film remaja di televisi dikonsultasikan terlebih dahulu kepada ahli sampai dinyatakan layak untuk digunakan dalam pengambilan data. Sementara itu, instrumen pemahaman teks drama dikonsultasikan kepada ahli yaitu dosen pembimbing kemudian diujicobakan kepada 32 siswa. Data dari uji coba tersebut kemudian dianalisis menggunakan program Iteman exe. Teknik analisis data penelitian meliputi uji prasyarat analisis, yaitu uji linearitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kebiasaan menyimak film remaja di televisi siswa kelas VIII SMPN se-Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori sedang; (2) tingkat pemahaman teks drama siswa kelas VIII SMPN se-Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori sedang; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak film remaja di televisi dengan pemahaman teks drama siswa kelas VIII SMPN se-Kabupaten Bantul. Hal itu ditunjukkan dengan nilai r sebesar 0,430 dalam taraf signifikansi 1%. Berdasarkan interpretasi nilai r menurut Arikunto, nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Jadi, kebiasaan menyimak film remaja tidak terlalu dominan berpengaruh pada pemahaman teks drama. Dengan kata lain, kebiasaan menyimak film remaja di televisi memberikan sedikit sumbangan terhadap pemahaman teks drama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan menyimak film remaja di televisi, pemahaman teks drama, siswa SMP, Kabupaten Bantul
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23271

Actions (login required)

View Item View Item