PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII B SMP PGRI WONOSOBO DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KEGIATAN MEMBACA TERARAH

Fatimah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII B SMP PGRI WONOSOBO DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KEGIATAN MEMBACA TERARAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fatimah 08201241012.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII B SMP PGRI Wonosobo dengan menggunakan strategi Kegiatan Membaca Terarah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII B SMP PGRI Wonosobo yang terdiri atas 23 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII B SMP PGRI Wonosobo. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, wawancara dengan guru dan siswa, tes hasil belajar, serta penggunaan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas dialogik) serta reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Kegiatan Membaca Terarah pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII B SMP PGRI Wonosobo dapat meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari siswa menjadi lebih aktif, antusias, tidak terlalu banyak bergantung pada guru, siswa dapat menghubungkan pengetahuan atau pengalaman yang telah mereka miliki terhadap topik yang sedang dibahas dan siswa juga selalu bekerja sama dengan teman lain saat memecahkan masalah yang harus dikerjakan dalam kelompok. Peningkatan secara proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Peningkatan kualitas produk pembelajaran terlihat dari hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang hasil belajarnya telah memenuhi standar KKM. Pada saat pratindakan terdapat 5 (23,81%) siswa yang memenuhi standar KKM, pada akhir siklus I meningkat menjadi 16 (72,73%) siswa, dan pada akhir siklus II meningkat lagi, yaitu 22 (95,65%) siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, membaca terarah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23270

Actions (login required)

View Item View Item