PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS X SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

Handayani, Evi (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS X SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Evi Handayani 09201241050.pdf

Download (103MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari beberapa komponen pembelajaran utama, yaitu: (1) materi pembelajaran keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta, (2) metode pembelajaran keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan (3) evaluasi pembelajaran keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta yang mencakup materi, metode, dan evaluasi pembelajaran menulis. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumen, dan catatan lapangan. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif, dengan tahapan pengelompokan, pengkategorian, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, materi pembelajaran keterampilan menulis kelas X yang terdiri dari tiga KD, yaitu KD menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif, KD menulis karangan berdasarkan kehidupan sendiri dalam cerpen, dan KD menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen, sesuai dengan pedoman silabus dan RPP. Sumber materi yang digunakan antara lain buku teks BSE Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas X SMA/MA karya Adi Abdul Somad, dkk., BSE Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X karya Sri Utami, dkk., dan BSE Belajar Efektif Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA/MA Kelas X karya E. Kusnadi H, dkk. Kedua, metode pembelajaran keterampilan menulis kelas X yang digunakan oleh guru adalah kombinasi antara metode ceramah, inkuiri, maping, dan penugasan. Terdapat kebiasaan guru mengarahkan siswa untuk menulis pada buku kreatif selama 5-7 menit di awal pembelajaran. Ketiga, evaluasi pembelajaran keterampilan menulis kelas X dilaksanakan dengan teknik evaluasi penugasan individu dan praktik. Penilaian dilakukan dengan penilaian proses pada saat siswa praktik menulis persuasif dan penilaian hasil berupa tulisan siswa setelah pembelajaran menulis. Hasil evaluasi semua siswa kelas X mencapai ketuntasan lebih dari KKM yang sudah ditentukan guru, yaitu 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, keterampilan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23263

Actions (login required)

View Item View Item