KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI STORY WRITING MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TEMANGGUNG

Banowati, Esti (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI STORY WRITING MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Esti Banowati 09201244006.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan apakah ada perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Story Writing Map dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Story Writing Map, dan (2) menguji keefektifan penggunaan strategi Story Writing Map dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Variabel bebas penelitian ini adalah strategi pembelajaran Story Writing Map, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Temanggung yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel yang digunakan berjumlah dua kelas, ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X A sebagai keleompok eksperimen dan kelas X C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yang berupa tes menulis cerpen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest dengan Uji-t. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA PGRI 1 Temanggung dengan menggunakan Story Writing Map lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan Story Writing Map. Kedua, adanya perbedaan yang signifikan pada skor pretest dan posttest menulis cerpen kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil Uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar -20,420, df 25. Hasil perhitungan menunjukkan nilai p = 0,000 dari taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi Story Writing Map efektif digunakan pada pembelajaran menulis cerpen karena nilai p < 0,05 = signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Story Writing Map, keefektifan, menulis cerpen, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item View Item