ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING DAN INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM STARTER KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Arief, Iswanta (2015) ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING DAN INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM STARTER KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARIEF ISWANTA 09504247004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING DAN INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM STARTER KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Arief Iswanta NIM. 09504247004 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan metode Guided Note Taking dengan siswa yang diajarkan dengan metode Information Search pada mata pelajaran kompetensi dasar memperbaiki sistem Starter kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB2 dan XB3 dengan jumlah siswa 48 siswa yang didapatkan dengan cara undian. Jumlah subjek penilitian terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas XB2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XB3 sebagai kelas eksperimen 2, masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dengan bentuk soal pilihan ganda. Uji validitas instrument menggunakan expert judgement dan korelasi point biserial. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan KR.20. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dengan uji t (t -test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2. Hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran menggunakan metode Guided Note Taking ( =7,80) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran menggunakan metode Information Search ( =6,80). Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh thitung = 3,789 > ttabel yaitu t(0,05; 46) = 1,68.  

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jul 2015 02:55
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item View Item