ABSTRAK PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM STUDY CLUB ROBOTIKA, MOTIVASI BELAJAR, DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MIKROKONTROLER JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 3 YOGYAKARTA

Arief, Dwi Putranto (2015) ABSTRAK PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM STUDY CLUB ROBOTIKA, MOTIVASI BELAJAR, DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MIKROKONTROLER JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARIEF DWI PUTRANTO 09502245002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM STUDY CLUB ROBOTIKA, MOTIVASI BELAJAR, DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MIKROKONTROLER JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : Arief Dwi Putranto 09502245002 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh keaktifan siswa dalam study club robotika, motivasi belajar, dan sikap belajar baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar pelajaran Mikrokontroler siswa kelas XI program keahlian audio video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta yang mengikuti kegiatan study club robotika di sekolah dengan populasi 46 siswa. Variabel yang diteliti adalah keaktifan dalam study club robotika (X1), motivasi belajar (X2), sikap belajar (X3), dan prestasi belajar Mikrokontroler (Y). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi nilai raport. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda 3 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keaktifan dalam study club robotika berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Mikrokontroler, ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rhitung (0,509) > Rtabel (0,291) dan t hitung (3,921) > t tabel (2,016) dengan probabilitas (p=0,00) < α=005, 2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Mikrokontroler, ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rhitung (0,421) > Rtabel (0,291) dan t hitung (3,078) > t tabel (2,016) dengan probabilitas (p=0,004) < α=0,05, 3) sikap belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Mikrokontroler, ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rhitung (0,430) > Rtabel (0,291) dan t hitung (3,162) > t tabel (2,016) dengan probabilitas (p=0,003 < α=0,05, 4) keaktifan dalam study club robotika, motivasi belajar, dan sikap belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Mikrokontroler, ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rhitung (0,623) > Rtabel (0,291), koefisien determinasi = 0,388 (38,8%) dan F hitung (8,862) > F tabel ( 2,83) dengan probabilitas (p=0,00) < α=0,05. Sumbangan relatif yang diberikan tiap variabel adalah keaktifan dalam study club robotika = 53,5%, motivasi belajar = 10,2%, dan sikap belajar = 36,3%. Sumbangan efektif dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 38,8%, sedangkan 61,2% ditentukan oleh faktorfaktor lainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : keaktifan, motivasi, sikap, prestasi, robotika, mikrokontroler

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jul 2015 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23251

Actions (login required)

View Item View Item