HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN KALASAN SLEMAN

Purnamasari, Dewi (2013) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN KALASAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Purnamasari 08201241022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebiasaan membaca siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman; (2) mendeskripsikan tingkat pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman; dan (3) menjelaskan hubungan antara kebiasaan membaca dengan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 27 kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman dengan jumlah 854 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel untuk menentukan kelompok sekolah menggunakan teknik cluster sample; sampel untuk menentukan sekolah menggunakan teknik random sample; dan sampel untuk menentukan kelas yang dipakai menggunakan teknik random sample. Sampel penelitian ini didapatkan siswa kelas VIIID, VIIIE, dan VIIIF di SMP Negeri 1 Kalasan; siswa kelas VIIIB, VIIIC, dan VIIIE di SMP Negeri 2 Kalasan; dan siswa kelas VIIIA, VIIIB, dan VIIIC di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk kebiasaan membaca dan tes pilihan ganda untuk pemahaman bacaan. Validitas yang dilakukan adalah validitas konstruk dan validitas isi oleh expert judgment. Validitas konstruk untuk angket kebiasaan membaca dan validitas isi untuk tes pilihan ganda pemahaman bacaan. Diperoleh hasil 34 pernyataan yang layak digunakan untuk penelitian angket kebiasaan membaca dan 25 butir soal untuk tes pemahaman bacaan. Reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,824 untuk kebiasaan membaca dan 0,682 untuk pemahaman bacaan, sehingga dinyatakan reliabel karena lebih besar dari 0,6. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji normalitas untuk mengetahui sebaran data penelitian berdistribusi normal, uji linearitas untuk mengetahui antara variabel bebas dan variabel terikat berbentuk linier, dan product moment untuk mengetahui hubungan antarvariabel. Analisis data dihitung menggunakan komputer program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan membaca siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman berkategori sedang dengan frekuensi 217 (77,8%); (2) pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman berkategori sedang dengan frekuensi 149 (57%); dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman, yaitu sebesar 1,85% pada taraf koefisiensi 1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, pemahaman bacaan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item