ANALISIS PENYAJIAN MATERI BERSASTRA PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BAHASA INDONESIA SMP/ MTs KELAS DALAM PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Armady, Danang (2013) ANALISIS PENYAJIAN MATERI BERSASTRA PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BAHASA INDONESIA SMP/ MTs KELAS DALAM PENDEKATAN KONTEKSTUAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Danang Armady 07201244052.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek pendekatan kontekstual dalam materi bersastra Buku Sekolah Elektronik bahasa Indonesia kelas VII SMP dan penyajian materi bersastra Buku Sekolah Elektronik bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII. Sumber data dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran sastra yang berupa materi bersastra pada Buku Sekolah Elektronik bahasa Indonesia kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pembacaan dan pencatatan, sedangkan instrument penelitiannya adalah humant instrument. Data dianalisis dengan teknik analisis isi, melalui langkah-langkah identifikasi data, kategorisasi data sesuai fokus penelitian, tabulasi, penyajian data, dan interpretasi data. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi teori. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. Pertama, Materi pembelajaran bersastra banyak ditemukan pada bagian praktek atau aspresiasi dan dalam pendekatan kontekstual termasuk penilaian Otentik. Penilaian otentik berfokus pada tujuan, melibatkan pembelajaran secara langsung, mengharuskan membangun keterkaitan kerja sama dan menambah tingkat berpikir yang lebih tinggi. Hal tersebut bertujuan agar siswa lebih tertarik dan lebih mudah memahami materi bersastra pada buku sekolah elektronik. Penilaian otentik mengajak para siswa untuk menggunakan pengetahuan untuk mengerjakan latian latian yang sudah ditentukan. Dengan demikian penilaian otentik diarahkan kepada proses mengamati, menganalisis, mentransferkan data yang terkumpul ketika atau dalam proses pembelajaran siswa berlangsung bukan semata-mata pada hasil pembelajaran. Kedua, terdapat 12 aspek pendekatan kontekstual pada materi bersastra yaitu pengaktifan pengetahuan kembali, pemerolehan pengetahuan baru, penemuan pengetahuan sendiri, menemukan konsep, keingintahuan yang lebih dalam pada materi, kerja kelompok, pemeragaan sebuah contoh secara langsung, pemeragaan sebuah contoh secara tidak langsung, perenungan materi yang telah disampaikan, pemberian tugas, apresiasi sastra, dan pemberian tugas dan apresiasi sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual pada penyajian materi bersastra, buku sekolah elektronik (BSE)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 02:46
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item View Item