PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI SUNYI DENGAN MEMANFAATKAN LIRIK LAGU PADA SISWA KELAS XII S1 SMA NEGERI 1 DEPOK

Windi, Carissa Caka (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI SUNYI DENGAN MEMANFAATKAN LIRIK LAGU PADA SISWA KELAS XII S1 SMA NEGERI 1 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Carissa Caka Windi 08201244031.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen pada siswa kelas XII S1 SMA Negeri 1 Depok dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi sunyi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII S1 yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, implementasi tindakan, pemantuan/pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, penilaian keterampilan menulis cerpen, angket, wawancara dengan guru, pedoman penskoran yang dianalisis secara kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan analisis data produk atau hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen menggunakan model pembelajaran demonstrasi sunyi dengan memanfaatkan lirik lagu dapat meningkatkan pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen pada siswa kelas XII S1 SMA Negeri 1 Depok. Peningkatan pembelajaran menulis siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru dan keantusiasan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi sunyi sehingga dapat menciptakan suasana diskusi yang aktif dan menyenangkan bagi siswa. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan nilai dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Rata-rata nilai pada saat sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 73,96; rata-rata nilai pada siklus I sebesar 74,64; dan rata-rata nilai pada siklus II sebesar 87,35. Kenaikan nilai rata-rata mulai dari pratindakan sampai pascatindakan siklus II adalah sebesar 13,39.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, pembelajaran demonstrasi sunyi, lirik lagu, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23247

Actions (login required)

View Item View Item