Lestari, Budi (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Budi Lestari 07201244066.pdf Download (51MB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan (1) untuk membuktikan apakah ada perbedaaan keterampilan menulis narasi yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godean Sleman yang mengikuti pembelajaran dengan strategi fun learning dan yang mengikuti pembelajaran dengan teknik konvensional, (2) untuk membuktikan apakah strategi fun learning efektif dalam pembelajaran menulis narasi. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengarang, semua itu disebabkan salah satunya karena suasana kelas yang membosankan. Oleh karena itu, strategi fun learning dirancang untuk mendobrak situasi yang membosankan dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godean, sebanyak 216 siswa yang terdiri dari enam kelas, yaitu kelas VII A, VIIB, VIIC, VII D, VII E, dan VII F. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan post-test menulis narasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli (expert judgement) sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Crobach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil penghitungan pre-test diperoleh rata-rata kelompok eksperimen sebesar 63,03. Rata-rata kelompok kontrol sebesar 61,83. Skor rata-rata pre-test antara kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan. Hasil perhitungan uji-t diperoleh -6,814, df 70 dengan nilai sig (2-tailled) sebesar 0,000. Dengan demikian perbedaan tersebut adalah signifikan. Berdasarkan hasil uji scheffe menunjukkan F hitung 25,681, sedangkan F tabel 1,184 (F’h> F’t). Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan keterampilan menulis narasi antara kelompok yang diajar menulis dengan strategi fun learning dan teknik konvensional. Kesimpulan kedua yaitu bahwa pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan strategi fun learning lebih efektif dibandingkan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, strategi fun learning, kemampuan menulis narasi, siswa SMP Negeri 3 Godean |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 02:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23246 |
Actions (login required)
View Item |