Arie, Setya Nugraha (2015) Pengaruh Komunikasi Individu Guru Dengan Kepala Sekolah, Motivasi Mengajar, Dan Iklim Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMK N 3 Yogyakarta. S1 thesis, UNY.
|
Text
Arie Setya Nugraha 06502241029.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Komunikasi Individu Guru Dengan Kepala Sekolah, Motivasi Mengajar, Dan Iklim Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMK N 3 Yogyakarta Oleh : Arie Setya Nugraha 06502241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara komunikasi Individu guru dengan kepala sekolah, motivasi mengajar, dan iklim sekolah baik secara terpisah, maupun bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMK N 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 40 orang guru di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Variabel penelitian komunikasi Individu guru dengan kepala sekolah (X1), motivasi mengajar (X2), iklim sekolah (X3), dan kepuasan kerja guru (Y). Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis deskriptif dan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas dilakukan sebelum melakukan analisis data terlebih dahulu. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda 3 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi individu guru dengan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar 0,737, dengan sumbangan efektif sebesar 22,7%; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi mengajar terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,528, dengan sumbangan efektif sebesar 16%; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 3 Yogyakart, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,745, dengan sumbangan efektif sebesar 33,3%; 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi individu guru dengan kepala sekolah, motivasi mengajar, dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kesimpulan ini didasarkan pada koefisien R sebesar 0,852, dengan sumbangan efektifadalah sebesar 72,6%. � Kata kunci: komunikasi individu guru dengan kepala sekolah, motivasi mengajar, iklim sekolah, kepuasan kerja
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 02:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |