PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELAYANAN PRIMA DENGAN POWER POINT UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MEMBERIKAN BANTUAN UNTUK PELANGGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL KELAS X SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG

Ari, Nur Hidayati (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELAYANAN PRIMA DENGAN POWER POINT UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MEMBERIKAN BANTUAN UNTUK PELANGGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL KELAS X SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ari Nur Hidayati 08513247003.pdf

Download (921kB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELAYANAN PRIMA DENGAN POWER POINT UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MEMBERIKAN BANTUAN UNTUK PELANGGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL KELAS X SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG Di susun oleh: Ari Nur Hidayati 08513247003 ABSTRAK Penelitian tentang pengembangan media pembelajaran pelayanan prima dengan power point untuk pencapaian Kompetensi Dasar Memberikan bantuan untuk pelanggan internal dan eksternal kelas X SMK Negeri 2 Temanggung ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana mengembangkan media power point untuk siswa SMK kelas X program studi tata busana, 2) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi dasar memberikan bantuan untuk pelanggan internal dan eksternal siswa SMK program studi tata busana Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & development). Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan dengan lima langkah yaitu 1) analisis produk, 2) pengembangan power point, yang meliputi a) menetapkan tujuan, b) outline presentasi c) mendesain presentasi, d) menambahkan multimedia, e) review dan perbaikan, f) produk presentasi power point, 3) validasi, dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, 4) uji coba terbatas, dilakukan oleh 12 siswa, untuk mengetahui kebermanfaatan power point, 5) uji coba luas dilakukan oleh 35 siswa yaitu untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) dihasilkan media pembelajaran power point pada kompetensi dasar memberikan bantuan untuk pelanggan internal dan eksternal, dengan kualitas media power point sesuai hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa media power point dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Setelah divalidasi media diuji coba kelompok kecil pada 12 siswa. Hasil yang diperoleh bahwa media bermanfaat dan telah sesuai dengan prinsip pembuatan media power point. 2) pencapaian kompetensi proses belajar mengajar menggunakan media power point melalui uji tes pilihan ganda dan unjuk kerja dengan KKM 75 yaitu dari sejumlah 35 siswa (100%), ada 2 siswa yang belum mencapai KKM (5,7%) sehingga media media power point yang digunakan pada pembelajaran dinyatakan dalam kategori baik sekali. Kata kunci: pengembangan power point, pelayanan prima, pencapaian kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jul 2015 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23242

Actions (login required)

View Item View Item