PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTER AIDED DRAFTING AND DESIGN (CADD) BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Basit , Wahyudi (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTER AIDED DRAFTING AND DESIGN (CADD) BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DEVELOPMENT OF COMPUTER AIDED DRAFTING DESIGN (CADD) LEARNING MEDIA TO INCREASE LEARNING ACHIEVEMENT OF GRADE XI STUDENTS IN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran CADD berbantuan komputer, mengetahui kelayakan media video, dan mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbantuan komputer terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and development) dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan Jurusan Teknik Mesin Kelas XI. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer. Pada analisis penerapan pembelajaran membandingkan presentase tingkat keberhasilan belajar siswa XI TPB sebelum dan sesudah menggunakan media video di SMK Muhammadiyah Prambanan. Hasil penelitian ini adalah media berbantuan komputer. Tahap pengembangan media yang dilakukan adalah: a) Observasi, survei dan wawancara, b) Analisis Kebutuhan, c) Mendesain media pembelajaran media berbantuan komputer dengan program Microsoft Office PowerPoint, d) Membuat model atau Story board media pembelajaran berbantuan komputer, e) Validasi media oleh ahli media dan materi Menggambar dengan Sistem Inventor, f) Uji coba pertama, g) Revisi tahap pertama, h) Uji coba kedua, i) Revisi tahap kedua, j) uji penerapan media pembelajaran menggunakan media berbantuan komputer pada kelas XI TPB, h) Produk akhir berupa media pembelajaran berbantuan komputer. Media berbantuan komputer dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan presentase kelayakan 85,11%, uji coba pertama dengan presentase 83,99%, uji coba kedua dengan presentase 84,37%. Media media berbantuan komputer teruji dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media sebesar 26,27 % dan setelah menggunakan media sebesar 91,12%. Dari hasil uji media diatas dapat disimpulkan bahwa media berbantuan komputer yang telah dikembangkan dan dinyatakan layak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 14:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2324

Actions (login required)

View Item View Item