PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG MELALUI PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MINOMARTANI 1KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

SURATININGSIH (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG MELALUI PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MINOMARTANI 1KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya hasil belajar guling belakang siswa yang mempunyai nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) yaitu 7,00. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar guling belakang melalui pendekatan PAKEM pada siswa kelas V di SD Negeri Minomartani 1 Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Minomartani 1. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran PAKEM sebagai upaya meningkatkan hasil belajar guling belakang.. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Minomartani 1 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian, menunjukkan nilai rata-rata kelas sebelum tindakan atau tes awal sebesar 62,6 atau 33%, meningkat pada siklus I sebesar 69,8 atau 71% dan bertambah pada siklus II sebesar 75,5 atau 100%. Nilai tersebut diatas telah memenuhi standar nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 7,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada materi guling belakang melalui pendekatan PAKEM pada siswa kelas V SD negeri Minomartani 1 Kecamatan Ngaglik ,Kabupaten Sleman dapat meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan PAKEM, Senam Lantai Guling Belakang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item View Item