PERBEDAAN STATUS KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DAN BOLABASKET DI SMS NEGERI 1 PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Hanif Pujo Kusuma (2015) PERBEDAAN STATUS KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DAN BOLABASKET DI SMS NEGERI 1 PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Hanif Pujo Kusuma - 09601244127.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum teridentifikasinya tingkat kesegaran jasmani siswa SMA Negeri 1 Parakan. Guru pendidikan jasmani belum pernah melakukan pemantauan kesegaran jasmani siswa terhadap perbedaan siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dan bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan status kesegaran jasmani siswa putra putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dan bola basket di SMA Negeri 1 Parakan di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 16 siswa ekstrakurikuler bolabasket dan 16 siswa ekstrakurikuler bolavoli. Instrumen penelitian ini menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI), dengan nilai validitas 0,960 dan reliabilitas 0,720. Teknik analisis data menggunakan uji-t, sebelumnya data dilakukan uji prasyarat melalui uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t antara tingkat kesegaran jasmani bolabasket dan bolavoli yang memiliki nilai t hitung 4.366, t tabel 2.131 (df = 15) pada taraf signifikansi 5%, karena t hitung lebih besar dari t-tabel maka ada perbedaan yang signifikan. Dilihat dari nilai ratarata, maka diperoleh nilai rata-rata bolabasket = 18.37 dan nilai rata-rata bolavoli = 18.81, karena nilai rata-rata bolavoli lebih besar dari nilai rata-rata bolabasket, maka tingkat kesegaran jasmani siswa ekstrakurikuler bolavoli lebih baik dibanding ekstrakurikuler bolabasket. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ada Ada perbedaan tingkat kesegaran jasmani bolabasket dan bolavoli di SMA Negeri 1 Parakan di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani, Ekstrakurikuler Bolavoli, Ekstrakurikuler Bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:55
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23214

Actions (login required)

View Item View Item