PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI GULING DEPAN UNTUK SMP KELAS VII

Adi Prasetiyo (2015) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI GULING DEPAN UNTUK SMP KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya pengembangan media belaja untuk siswa SMP kelas VII materi guling depan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran untuk siswa SMP kelas VII materi guling depan dalam bentuk Compact Disk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan, menyusun perencanaan, mengembangkan produk awal berupa pembuatan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk di uji cobakan kepada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Gamping. Data dikumpulkan melalui angket. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk serta data kualitatif lainya. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa CD pembelajaran interaktif yang telah diuji cobakan. Hasil validasi ahli materi adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,57 dan ahli media menilai “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,6 penilaian peserta didik pada uji coba lapangan adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,28. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, multimedia pembelajaran, senam lantai, guling depan, SMP kelas VII.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:54
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23212

Actions (login required)

View Item View Item