IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK 1 SEDAYU TAHUN 2012/2013

Arfian, Fajar Wahyudhi (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK 1 SEDAYU TAHUN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Arfian Fajar Wahyudhi 08505244007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK 1 SEDAYU TAHUN 2012/2013 Oleh Arfian Fajar Wahyudhi NIM 08505244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, (1) hasil implementasi Pendidikan Budi Pekerti oleh Guru kelas XI Jurusan Gambar Bangunan SMK 1 Sedayu, (2) hasil implementasi Pendidikan Budi Pekerti menurut Siswa kepada Guru kelas XI Jurusan Gambar Bangunan SMK 1 Sedayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XI TGB tahun 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Objek penelitian ini berupa nilai budi pekerti yang yang tercantum dalam kurikum. Instrumen penelitian berupa angket. Validasi soal tes (butir soal) yang digunakan untuk pengambilan data yang disesuaikan dengan standar isi dan dikonsultasikan dengan pendapat para ahli (expert judgment). Kemudian diujicobakan kepada 33 siswa. Berdasarkan analisis validitas diperoleh hasil, instrumen didapat 34 butir soal yang valid. Uji reliabilitas didapatkan nilai alpha cronbach’s sebesar 0,984. Analisis data dengan mengambil nilai rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah dengan sekala sekor 0,00 sampai dengan 5,00. Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi Pendidikan Budi Pekerti menurut Guru rata-rata sekor 4,287 atau 85,74% (sangat baik). Nilai saling menghormati memiliki sekor tertinggi 4,750 atau 95% (sangat baik). sekor terendah pada nilai menumbuhkan cinta dan kasih sayang 3,833 atau 76,66% (baik). (2) Implementasi Pendidikan Budi Pekerti menurut siswa rata-rata sekor 3,765 atau 75,29% (baik). Nilai mengembangkan etos kerja dan belajar memiliki sekor tertinggi 4,348 atau 86,96% (sangat baik). Sekor terendah pada nilai tumbuhnya disiplin diri 3,106 atau 62,12% (baik). Kata kunci: implementasi, pendidikan budi pekerti, peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23180

Actions (login required)

View Item View Item