PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI

Setyaningtyas, Adelia Frans (2013) PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Adelia Frans Setyaningtyas 09201244061.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning dalam pembelajaran apresiasi drama dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung keberhasilan model project based learning dalam pembelajaran apresiasi drama. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Hasil penelitian berupa deskripsi dan analisis dari penggunaan model project based learning dalam pembelajaran apresiasi drama. Data mengenai penerapan model project based learning diperoleh dari observasi proses penyusunan naskah drama sampai pada observasi produk yang berupa pementasan drama. Data lain dikumpulkan dengan catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan hasil proyek siswa. Validas data menggunakan teknik ketekunan penelitian, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi data. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model project based learning dalam pembelajaran apresiasi drama di SMA Negeri 2 Wonogiri dilakukan dengan lima kali pertemuan. Pembelajaran apresiasi drama ini meliputi enam kegiatan. Pertemuan pertama dilakukan kegiatan mendesain rencana pementasan drama, diskusi pementasan drama, dan menyusun jadwal kegiatan proses dan pentas drama. Pertemuan kedua dan ketiga adanya kegiatan memonitor perkembangan proses pentas. Pada pertemuan keempat dan kelima dilakukan kegiatan menilai hasil proses dan pentas dan evaluasi pengalaman pembelajaran. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pembelajaran yaitu: guru yang kompeten dan perencanaan pentas yang matang di dalamnya RPP, siswa yang antusias dengan pembelajaran drama, tujuan pembelajaran yang menjadikan siswa mencintai drama, materi pembelajaran yang dekat dengan siswa, metode project based learning, media pembelajaran beragam, evaluasi pembelajaran pada proses dan produk, pembelajaran kolaborasi dengan ekstrakurikuler teater dan mata pelajaran TIK, dan frekuensi latihan di luar jam pelajaran yang rutin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: apresiasi drama, project based learning
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:42
Last Modified: 30 Jan 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23176

Actions (login required)

View Item View Item