KEEFEKTIFAN METODE EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PROSA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KLEDUNG TEMANGGUNG

Rimadiana, Abitia Ulfah (2013) KEEFEKTIFAN METODE EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PROSA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KLEDUNG TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abitia Ulfah Rimadiana 08201244054.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca prosa siswa yang diajar menggunakan metode Episodic Mapping dengan yang diajar tanpa menggunakan metode Episodic Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kledung Temanggung. Selanjutnya penenelitian ini untuk menguji keefektifan metode Episodic Mapping dalam pembelajaran membaca prosa dibandingkan dengan pembelajaran membaca prosa tanpa menggunakan metode Episodic Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kledung Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling (penyampelan secara acak berdasarkan klaster) untuk menentukan kelas. Berdasarkan hasil undian kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas construct. Validitas isi untuk mengetahui seberapa isi instrument sudah memenuhi kesesuaian dengan kisi-kisi.Vadliditas construct dilakukan dengan mengkonsultasikan isi instrumen kepada ahlinya (Expert Judgement). Reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes dengan taraf signifikan 0,05. Hasil pengujian prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttets berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis Uji-t data posttest kemampuan membaca prosa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperolah nilai thitung sebesar 3,17, p sebesar 0,002 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca prosa dengan menggunakan metode Episodic Mapping dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca prosa tanpa menggunakan metode Episodic Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kledung Temanggung. Berdasarkan hasil Uji-t dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol dan eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 4,40, p sebesar 0,000 (p<0,05), kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 0,81 sedangkan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 4,03. Berdasarkan perbedaan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen yang lebih besar dari kelompok kontrol, menunjukkan bahwa metode Episodic Mapping lebih efektif dalam pembelajaran membaca prosa dibandingkan tanpa menggunakan metode Episodic Mapping. Seluruh proses perhitungan dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 17.00.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode, Episodic Mapping, Membaca, Prosa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23175

Actions (login required)

View Item View Item