KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) DALAM KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID MAGELANG

Yahyanto (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) DALAM KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yahyanto 08201244036.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan menulis puisi antara kelompok siswa yang diajar pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan kelompok siswa yang tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah, (2) keefektifan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaranmenulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Mungkid Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Model desain penelitiannya menggunakan pretest dan posttest dengan kelompok kontrol (control group pretest-posttest design). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa strategi pembelajaran berbasis masalah dan variabel terikat berupa kemampuan siswa menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan cara pengundian. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan bahwa kelas VII C sebagai kelompok control dan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan menulis puisi. Isi instrument dikonsultasikan dengan para ahlinya (expert judgement) dan diujicobakan pada siswa diluar sampel. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Sebelum dilakukan analisis menggunakan uji-t maka dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut terbukti bahwa skor pretest dan posttest kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kemampuan menulis puisi menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,750> 2,000) taraf signifikansi 5% dengan db 62 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi antara kelompok siswa yang diajar pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah siswa kelasVII SMP Negeri 1 Kota Mungkid Magelang, (2) pembelajaran menulis puisi kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran berbasis masalah, menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item