PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGERJAAN KIKIR SISWA KELAS X DI SMK PIRI SLEMAN

Ardika Agus Dwi Purnama, Agus Dwi Purnama (2015) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGERJAAN KIKIR SISWA KELAS X DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ardika Agus dwi Purnama-09503244019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGERJAAN KIKIR SISWA KELAS X DI SMK PIRI SLEMAN Oleh: Ardika Agus Dwi Purnama 09503244019 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) dapat mengetahui hasil belajar siswa kelas X mesin sebelum penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas X mesin setelah penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman, dan (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik kerja bangku siswa kelas X SMK Piri Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design) yang dalam pelaksanaannya menggunakan nilai pretest and posttest. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 jurusan teknik mesin SMK PIRI Sleman Yogyakarta. Teknik análisis yang digunakan adalah análisis deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian didapat hasil belajar siswa kelas X mesin sebelum penerapan metode inquiry dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman yaitu mempunyai rata-rata skor sebesar 30,1. Hasil belajar siswa kelas X mesin setelah penerapan metode inquiry dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman yaitu mempunyai rata-rata skor sebesar 56,9. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran praktik pengerjaan kikir setelah diberi metode pembelajaran inquiry sebesar 89,10%. Terdapat perbedaan ratarata skor hasil belajar siswa mata pelajaran praktik pengerjaan kikir antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar rata-rata sebesar 16,2. Kata Kunci: Pengaruh, Inquiry, Hasil belajar, Praktik pengerjaan kikir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23173

Actions (login required)

View Item View Item