KEEFEKTIFAN STRATEGI REAP (READING, ENCODING, ANNOTATING, PONDERING) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN

Cathlin, Novella (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI REAP (READING, ENCODING, ANNOTATING, PONDERING) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Novella Cathlin 09201241010.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi REAP dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi REAP pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan, dan (2) untuk membuktikan keefektifan strategi REAP dalam pembelajaran membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Variabel yang digunakan ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penggunaan strategi REAP merupakan variabel bebas sedangkan kemampuan siswa membaca pemahaman merupakan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan kertas undian. Sampel yang diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes membaca pemahaman yang berbentuk pilihan ganda.Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal.Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Setelah diketahui hasil pretest dan posttest kelompok tersebut normal dan homogen, dilakukan uji beda dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t skor posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,083 > 2,021) dengan db 54 dan nilai p sebesar 0,042. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan skor rata-rata yang berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Skor rata-rata kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 1,85, sedangkan skor rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 2,15. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi REAP dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi REAP, 2) pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi REAP lebih efektif daripada pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi REAP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, strategi REAP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23167

Actions (login required)

View Item View Item