KEEFEKTIFAN STRATEGI EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG YANG PERNAH DISIMAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANTARKAWUNG

Amrulloh, Muh. Hanif (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG YANG PERNAH DISIMAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANTARKAWUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muh. Hanif Amrulloh 09201241041.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan tingkat keterampilan menulis kembali dongeng yang pernah disimak yang signifikan antara pembelajaran siswa dengan menggunakan strategi Episodic Mapping dengan pembelajaran siswa tanpa menggunakan strategi Episodic Mapping; (2) menguji apakah penggunaan strategi Episodic Mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kembali dongeng yang pernah disimak pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkawung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkawung. Berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VII H sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII G sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 2,758 dan p sebesar 0,007 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 7,663 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan tingkat keterampilan menulis kembali dongeng yang pernah disimak yang signifikan antara pembelajaran siswa dengan menggunakan strategi Episodic Mapping dengan pembelajaran siswa tanpa menggunakan strategi Episodic Mapping; (2) penggunaan strategi Episodic Mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kembali dongeng yang pernah disimak pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkawung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Episodic Mapping, menulis kembali dongeng yang pernah disimak, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:20
Last Modified: 09 Jul 2015 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item