KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Sriyanti, Maya (2013) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, u.

[img]
Preview
Text
Maya Sriyanti 08201244081.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis narasi ekspositoris pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan keefektifan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seyegan, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Seyegan, Sleman yang terbagi dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian menulis narasi ekspositoris. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,800, sehingga dinyatakan reliabel karena lebih besar dari 0,6. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th = 10,886> tt = 2,000) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 61. Metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t untuk sampel berhubungan yang menunjukkan bahwa skor thitung (th) adalah sebesar 9,550 dengan db 30. Skor thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 30. Skor ttabel (tt) pada taraf signifikasni 5% dan db 30 adalah 2,040. Hal itu menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar daripada skor ttabel (th = 9,550 > tt = 2,040).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: experiential learning, menulis narasi ekspositoris, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:15
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23164

Actions (login required)

View Item View Item