UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XG MA ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA MELALUI MEDIA HUMAN INTEREST FEATURE

Agustara, Irsyad Kusuma (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XG MA ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA MELALUI MEDIA HUMAN INTEREST FEATURE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Irsyad Kusuma Agustara 06201241030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis cerpen melalui penggunaan media human interest feature pada siswa kelas XG MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup penyusunan rencana (plan), tindakan (act), observasi (observe), dan refleksi (reflect). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X G MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Objek penelitian adalah kemampuan menulis cerpen. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa evaluasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa media human interest feature dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X G MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari aspek perhatian, di mana sebagian besar siswa lebih memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Sebagian besar siswa bersemangat mengikuti proses pembelajaran. Aspek keaktifan mengalami kemajuan, di mana sebagian besar siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, siswa juga lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan lebih senang dalam menulis cerpen. Siswa tampak lebih percaya diri dan lancar dalam menulis cerpen sesuai dengan media human interest feature yang ada. Aspek suasana belajar lebih kondusif. Sebagian besar siswa cukup tenang, dan serius pada saat proses pembelajaran. Perhatian siswa terhadap pembelajaran meningkat sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Keberhasilan secara produk dapat dilihat dari hasil tes dan observasi pada siswa kelas XG MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak yang semakin meningkat. Nilai rata-rata pratindakan yang dicapai siswa adalah 62,5 meningkat menjadi 71,6 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,1 pada siklus II. Terdapat total peningkatan dari pratindakan hingga siklus II sebesar 18,6. Dengan demikian terbukti bahwa media human interest feature dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X G MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, media pembelajaran human interest feature, Madrasah Aliyah Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:07
Last Modified: 09 Jul 2015 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item