KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS CERITA RAKYAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 MOYUDAN SLEMAN

Fitriana, Rahma Nur (2015) KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS CERITA RAKYAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 MOYUDAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rahma Nur Fitriana (10201244077).pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca teks cerita rakyat antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan model induktif dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan model induktif pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman dan (2) menguji keefektifan model induktif dalam pembelajaran membaca teks cerita rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group pretest postest. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas berupa model induktif dan variabel terikat berupa kemampuan membaca teks cerita rakyat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan sebanyak 128 peserta didik dan sampel yang digunakan berjumlah dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen. Teknik penyempelan yang digunakan adalah teknik cluster random sampling yaitu penyempelan secara acak berdasarkan klaster. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda dan angket. Uji validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen dihitung dengan melihat nilai Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik simpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca teks cerita rakyat antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan model induktif dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan model induktif pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung 6,087 dengan df=62 dan p sebesar 0,000; (2) model induktif terbukti efektif dalam pembelajaran membaca teks cerita rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penghitungan uji-t prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh thitung 11,201 dengan df=31 dan diperoleh nilai p sebesar 0,000 serta kenaikan nilai rerata kelompok kontrol sebesar 1,29 sedangkan kenaikan nilai rerata kelompok eksperimen sebesar 10,35.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23159

Actions (login required)

View Item View Item