PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGHIAS BUSANA MELALUI COOPERATIVE LEARNING DENGAN MEDIA JOBSHEET DI SMK KARYA RINI SLEMAN

Aprilia, Aprilia Dwi Mahardikawati (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGHIAS BUSANA MELALUI COOPERATIVE LEARNING DENGAN MEDIA JOBSHEET DI SMK KARYA RINI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aprilia Dwi Mahardikawati 06513241019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGHIAS BUSANA MELALUI COOPERATIVE LEARNING DENGAN MEDIA JOBSHEET DI SMK KARYA RINI SLEMAN ABSTRAK Aprilia Dwi Mahardikawati NIM. 06513241019 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan pembelajaran menghias busana bayi menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw, 2) peningkatan kompetensi siswa pada pembelajaran menghias busana bayi di SMK Karya Rini Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart yang mencakup Perencanaan-Tindakan dan Observasi-Refleksi. Subyek penelitian berjumlah 21 siswa dari kelas X Busana Butik SMK Karya Rini Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar unjuk kerja dan lembar tes pilihan ganda. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert). Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s 0.901 untuk penilaian unjuk kerja dan 0.705 untuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Pelaksanaan pembelajaran menghias busana bayi menggunakan cooperative learning tipe jigsaw dilaksanakan dengan baik sesuai dengan sintak jigsaw, 2). Peningkatan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 23,81% atau 5 siswa yang memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama pencapaian kompetensi siswa meningkat menjadi 80,9% atau 17 siswa yang memenuhi KKM, dan setelah tindakan pada siklus kedua pencapaian kompetensi siswa 100%. Model cooperative learning tipe jigsaw dengan media jobsheet dapat membantu siswa memahami materi serta adanya peningkatan kompetensi menghias busana bayi yang dibuktikan dengan tidak adanya siswa yang memperoleh nilai <70. Uraian diatas menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran menghias busana bayi. Kata Kunci : kompetensi, menghias busana bayi, cooperative learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23158

Actions (login required)

View Item View Item