KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI GAMBARAN, PERTANYAAN, MEMBACA, MENJAWAB, DAN EVALUASI (GPMME) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG

Wulansari, Herlina Putri (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI GAMBARAN, PERTANYAAN, MEMBACA, MENJAWAB, DAN EVALUASI (GPMME) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Herlina Putri Wulansari 09201244059.PDF

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi GPMME dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi GPMME, serta menguji keefektifan strategi GPMME dalam pembelajaran membaca pemahaman kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Bansari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest- Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Bansari. Penentuan sampel menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling) untuk menentukan sampel sekolah dan sampel kelas. Sampel sekolah dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Bansari dengan kelas VII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII A sebagai kelompok kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dicapai dengan konsultasi pada ahlinya (expert judgment) yang dalam hal ini adalah guru. Validitas konstruk dihitung dengan analisis faktor untuk menentukan kelayakan soal. Uji reliabilitas menggunakan Kuder-Richardson 20 dengan nilai reliabilitas sebesar 0,803 untuk pretest dan 0, 847 untuk posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi GPMME dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi GPMME. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pada skor pretest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak berbeda secara signifikan karena nilai p > 0,05 (0,801 > 0,05) dan skor posttest kelompok eksperimen dan kontrol yang berbeda secara signifikan karena nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan strategi GPMME teruji efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen, diperoleh nilai p < 0,05 (0,001 < 0,05). Selain itu, selisih skor rerata pretest ke posttest pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yaitu 1,84 pada kelompok eksprerimen dan 0,03 pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi GPMME, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23156

Actions (login required)

View Item View Item