KEEFEKTIFAN STRATEGI QAR (QUESTION-ANSWER RELATIONSHIP) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP

Anggraini, Evi Dwi (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI QAR (QUESTION-ANSWER RELATIONSHIP) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi QAR dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi QAR, dan (2) keefektifan strategi QAR dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sewon. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif yang berjumlah 40 soal dengan empat alternatif jawaban. Data diperoleh dari pretes dan postes pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Validitas dan reliabilitas dihitung dengan menggunakan bantuan program Iteman. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS 21.0 yang menunjukkan data pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks ulasan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi QAR dengan yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi QAR pada siswa kelas VIII SMP. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji-t postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menunjukkan thitung sebesar 6,066 dan nilai p sebesar 0,000. (2) Strategi QAR efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP. Hal ini dapat dilihat dari uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 10,383 dan p sebesar 0,000 (p<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Jul 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23155

Actions (login required)

View Item View Item