KEEFEKTIFAN METODE KONTEKSTUAL TEKNIK TERATAI (TERJUN, AMATI, RANGKAI) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Hidayati, Fathul (2013) KEEFEKTIFAN METODE KONTEKSTUAL TEKNIK TERATAI (TERJUN, AMATI, RANGKAI) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fathul Hidayati 09201244054.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan teknik teratai dan tanpa menggunakan teknik teratai pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman. Serta untuk membuktikan keefektifan teknik teratai dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre-test-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Sampel penelitian ini siswa kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan VII D sebagai kelompok kontrol. Masingmasing kelas terdiri dari 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan tes menulis puisi. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach, hasil perhitungan menunjukkan reliabitas sebesar 0,656 yang lebih besar dari koefisien 0,60 dan teknik analisis data yang digunakan merupakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok yang menggunakan teknik teratai dengan siswa yang tanpa teknik teratai. Hal itu dibuktikan dari hasil uji-t pada skor post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,050) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa teknik teratai efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pda selisih skor pre-test ke post-test serta selisih rata-rata hitung kemampuan menulis puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh hasil nilai p lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050) sehingga seignifikan. Selain itu, selisih pemerolehan rata-rata hitung pada kelompok eksperimen pada saat pre-test dan post-test lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil selisih rata-rata hitung pada kelompok eksperimen adalah sebesar 5,22 sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 1,44.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik teratai, kemampuan menulis puisi, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23152

Actions (login required)

View Item View Item