PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

Rahmawati, Desy (2015) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Desy Rahmawati_11105241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat dalam pemanfaatan internet di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Muhamamdiyah 1 Sleman. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi siswa masih belum optimal. Hal ini karena waktu siswa dalam memanfaatkan internet saat jam pelajaran di sekolah dan belum konsisten yaitu antara 10 menit sampai 4 jam. Namun, siswa disini sudah dapat menjelajah web, dan memanfaatkan e-mail. Cara siswa dalam mencari materi di internet yaitu dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan yang diinginkan atau dibutuhkan. Setelah itu, siswa membaca materinya untuk mengetahui kesesuaian materi yang ada di internet dengan yang diajarkan guru, kemudian siswa mendownloadnya. Mata pelajaran yang di cari yaitu Bahasa Inggris, Fisika, Animasi 2 Dimensi, dan lain sebagainya. Sementara bentuk materi yang dicari yaitu berupa teks dan gambar. Faktor pendukung eksternal bagi siswa yaitu adanya fasilitas pribadi siswa, kurangnya materi yang ada dibuku, adanya tugas dari guru, tersedianya fasilitas dari sekolah, dan adanya kebijakan sekolah dalam mengakses hotspot internet sekolah. Sementara faktor penghambat internal bagi siswa yaitu adanya rasa malas, siswa kesulitan untuk berkonsenterasi dalam belajar dan faktor penghambat eksternal bagi siswa yaitu peralatan dipinjam teman, perggantian password hotspot internet sekolah secara berkala serta adanya masalah jaringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 10 Jul 2015 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23151

Actions (login required)

View Item View Item