KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY IMPRESSIONS BERBANTUAN MEDIA FILM FANTASI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Purnamawati, Desy (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY IMPRESSIONS BERBANTUAN MEDIA FILM FANTASI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desy Purnamawati 09201244056.PDF

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis dongeng yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi story impressions berbantuan media film fantasi dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi story impressions berbantuan media film fantasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan strategi story impressions berbantuan media film fantasi dalam pembelajaran keterampilan menulis dongeng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 39 siswa, dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Analisis data diadakan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan gain skor. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis dongeng yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi story impressions berbantuan media film fantasi dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi story impressions berbantuan media film fantasi. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan t hitung adalah 6,793 dengan df = 75, dan nilai p = 0,000 (p = 0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi story impressions berbantuan media film fantasi teruji efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis dongeng. Keefektifan strategi story impressions berbantuan media film fantasi dapat dibuktikan dari uji-t selisih skor kedua kelompok dan gain skor dari masing-masing kelompok. Hasil Uji-t selisih skor keterampilan menulis dongeng kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menghasilkan t hitung = 4,329 dengan df = 75, dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Gain skor kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol, yaitu 7,10 pada kelompok eksperimen dan 3,45 pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, story impressions, media film fantasi, menulis dongeng
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23150

Actions (login required)

View Item View Item