KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI KELOMPOK KATA (WORD CLUSTER) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEBUMEN

Cempakasari, Avita (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI KELOMPOK KATA (WORD CLUSTER) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Avita Cempakasari 09201244074.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan menulis puisi antara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen yang mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi kelompok kata (word cluster) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan strategi kelompok kata (word cluster), (2) keefektifan penggunaan strategi kelompok kata (word cluster) dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan strategi kelompok kata (word cluster) dan variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIIIE sebagai kelas kontrol dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis puisi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,693. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor postes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,739 dengan db 61 dan p sebesar 0,008. Nilai thitung lebih besar dari ttabel pada db 61 dan taraf signifikansi 5% (2,739>1,994). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi antara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen yang mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi kelompok kata (word cluster) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan strategi kelompok kata (word cluster). Setelah dilakukan uji-t pretes-postes masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung kelompok eksperimen lebih besar dari ttabel pada db 30 (12,199 > 2,042). Hal ini menunjukkan bahwa strategi kelompok kata (word cluster) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kebumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, strategi kelompok kata (word cluster), siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23148

Actions (login required)

View Item View Item